Breaking News
Loading...

Cara Menggunakan Proxy Di Mozilla Firefox

Merubah default proxy browser mozilla dan mengganti dengan proxy server dari pihak ketiga dapat anda lakukan dengan membuka menu setting pada options firefox. Cermati manfaat dan resikonya sebelum mengetahui Cara Menggunkan Proxy Di Mozilla Firefox di mozilla firefox. Jangan sampai anda menyesal nantinya karena sudah menggunakan IP proxy dari pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Apa Itu Proxy?
Seperti yang anda ketahui, setiap komputer memiliki IP Address masing-masing. Ada komputer yang mengizinkan akses internet melalui IP Address tersebut. Ada yang berbayar dengan pelayanan memuasakan, ada juga yang memberikan layanan gratis dengan kualitas kurang memuasakan. Proxy adalah alamat IP (IP Address) komputer tersebut.
  •  Kenapa Menggunakan Proxy?
Ada beberapa alasan mengapa menggunakan proxy untuk mengakses internet. Mungkin anda sedang melakukan uji coba script website yang digunakan untuk mem-blok pengunjung dari negara tertentu. Atau mungkin memastikan situs web anda tidak bisa dibuka oleh pihak-pihak tertentu melalui alamat IP yang anda tentukan.
  • Dimana Mendapatkan Proxy?
Banyak website yang menyediakan proxy server berbayar maupun gratis. Untuk proxy berbayar, anda harus membeli dengan sejumlah uang dan untuk free proxy dapat ditemukan di situs berikut :
  1. http://www.samair.ru/
  2. http://www.ip-adress.com/
  3. http://www.proxynova.com/

format penulisan proxy yang umum adalah IP Proxy : Port contohnya 127.0.0.1:3128 dimana 127.0.0.1 adalah IP Proxy dan 3128 adalah nomor port.

Anda juga dapat menggunakan software proxy baik berbayar maupun gratis untuk mengakses internet melalui proxy server.
  • Cara Menggunakan Proxy di Mozilla Firefox
Secara default, mozilla firefox tidak memakai proxy saat terhubung ke internet. Untuk menggunakan Proxy di Firefox caranya :  
  • Buka browser Mozilla Firefox
  • Buka Options di pojok kiri atas ada tuliasn Firefox lalu klik, kemudian pilih tab Advanced
  • Klik Settings pada menu Network
  •  Pada pilihan configure proxies to access the internet, pilih manual proxy configuration
  • Masukan proxy pada HTTP Proxy dan nomor port pada Port kemudian OK
 
  • Cara Mengetahui IP Proxy yang sedang pakai
Setelah memasukan proxy dan port, selanjutnya anda ingin mengetahui apakah proxy masih hidup dan dapat digunakan untuk mengakses internet atau proxy sudah mati dan tidak bisa digunakan. Cara ini juga bisa digunakan untuk melihat alamat IP komputer yang sedang anda pakai.

Buka http://www.whatismyproxy.com/ dan akan terlihat alamat IP komputer, proxy yang sedang digunakan serta lokasi komputer anda saat ini berdasarkan IP address.
  • Bonus Tips 
Biasakan mengembalikan pengaturan proxy di mozilla firefox ke No proxy setelah selesai mengakses internet. Caranya sama seperti ganti proxy diatas.

Dikarenakan proxy adalah IP Address komputer orang lain yang anda pakai untuk koneksi internet, jangan membukan situs-situs penting seperti online banking yang mengharuskan mengisi form nama pengguna dan kata sandi, bisa saja anda sedang diawasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer